Pantai Balekambang menjadi idola tujuan wisata di Malang. Bagi wisatawan yang ingin tempat air, pantai ini satu harus dikunjungi karena menghemat banyak keindahan yang tidak kalah pantai-pantai lainnya di Jawa Timur. Bahkan banyak orang yang memberikan Pantai Balekambang nama sebagai miniatur Tanah Lot dari Pulau Dewata.


Malang Pantai Balekambang terletak di desa Jambe Sumber, desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Malang, Jawa Timur, atau terletak 60 km sebelah selatan kota Malang. Akses ke pantai cukup memadai dengan jalan aspal yang mulus. Meskipun demikian, Anda harus berhati-hati karena di beberapa tempat ada naik dengan gilirannya tajam. Sepanjang jalan, Anda dapat bersantai sambil menikmati udara segar di daerah dengan banyak pohon.

SEJARAH PANTAI BALEKAMBANG
Pantai Balekambang telah dikenal secara lokal sejak tahun 1978. Pada tahun itu, aparat desa Srigonco membuka jalan sehingga orang-orang dari luar desa yang mudah untuk mencapai Balekambang. Lima tahun kemudian, Pantai Balekambang diresmikan oleh Bupati Malang yang kemudian bertugas, Tn. Eddy Slamet. Sejak itu, nama Pantai Balekambang semakin bergema. Keindahan yang ditawarkan cukup menarik wisatawan sehingga terus tumbuh dan sekarang adalah salah satu andalan wisata pantai di Kabupaten Malang. Jadi, jangan terkejut jika liburan akhir pekan dan pantai saat-saat yang penuh dengan wisatawan dari berbagai daerah.
Dikatakan bahwa orang pertama yang membuka hutan di Pantai Balekambang bernama Syekh Abdul Jalil, seorang sarjana yang diyakini berasal dari Yogyakarta. Saat ini, makam Syekh Abdul Jalil terletak sekitar 1 km dari Pantai Balekambang, rajin dikunjungi oleh Muslim dari berbagai daerah. Di bulan Suro / bulan Muharram, jumlah peziarah yang mengunjungi kedua untuk memperingati tahun baru hijriyah dan biasa wisatawan yang ingin menyaksikan prosesi ‘Suroan’ melonjak.
Pada hari Raya Nyepi, panta ini juga lebih ramai daripada hari biaya, karena Hindu melakukan upacara atau prosesi di Pura Amarta Jati terletak di Pulau Ismoyo. Pulau Ismoyo sendiri adalah bagian dari pulau-pulau kecil di Balekambang, yang juts ke laut dan terhubung dengan sebuah jembatan ke daratan.
BANYAK LANDSIDE DI PANTAI BALEKAMBANG
Samudera yang terlihat biru nan indah, gelombang dan panorama pantai langsung menyambut Anda ketika dekat dengan Pantai Balekambang. Dapat dikatakan jika suasana cukup tenang dengan kondisi kebersihan pantai masih terpelihara. Ketika mata memandang lautan luas, ada terlihat beberapa pulau yang mencirikan Balekambang, Pulau Wisanggeni, Anoman Island dan pulau Ismoyo, yang mana setiap pulau terhubung dengan jembatan. Wisatawan, jika Anda adalah penggemar dari pertunjukan wayang, harus tahu karakter, kanan?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s